Pembinaan Kehidupan Keasramaan melalui Program Guru Asuh

Untuk efektifitas dan keberhasilan peserta didik di asrama dalam segala bidang, tentu dibutuhkan manajemen kehidupan peserta didik ketika berada di asrama.

Karena seluruh peserta didik MAN Insan Cendekia tinggal di asrama dan jauh dari orang tua, maka diperlukan peran guru di madrasah sebagai pengganti orang tua dalam bentuk program Guru Asuh, agar perkembangan jiwa peserta  didik bisa baik, karena situasi dan kondisi yang terus terpantau selama 24 jam

Sasarannya adalah seluruh peserta didik MAN Insan Cendekia Siak

Efektifnya kehidupan peserta didik di asrama, dalam wujud kesusksesan pada bidang akademik, keagamaan, keasramaan, kesiswaan, dan minat bakat. Selain itu, juga diharapkan agar peserta didik mempunyai budaya yang baik dalam pengelolaan dan manajemen diri

Kegiatan Guru asuh berupa:

  1. Pertemuan rutin yang berupaya mengarahkan para peserta didik dalam kehidupan berasrama. Pertemuan ini dalam bentuk makan siang bersama dan kunjungan guru asuh ke asrama
  2. Sharing permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam kehidupan berasrama, baik masalah pembelajaran maupun kehidupan sosial
  3. Peserta didik diajak berpikir dewasa dalam penyelesaian masalah pribadi dan sosial