MYRES 2020 | SAINS | NO. 11 | MAN INSAN CENDEKIA SIAK

Myres 2020 MAN INSAN CENDEKIA SIAK

Madrasah Young Researchers Super Camp (Myres Super Camp) merupakan kompetisi tahunan yang diadakan oleh Kementrian Agama dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang berfokus dalam bidang penelitian siswa Madrasah. Kompetisi Myres Super Camp memberikan peluang seluas-luasnya dalam menggali keahlian dan pemikiran kreatif pada siswa Madrasah melalui kegiatan riset di berbagai bidang keilmuan sesuai dengan minat dan bakatnya.

Pada tahun 2020 ini, salah satu tim dari MAN Insan Cendekia yang beranggotakan Nur Hidayatullah dan Nur Syafika Azlina telah berhasil lolos sebagai finalis 15 besar Myres Super Camp 2020 bidang Sains, Matematika dan Ilmu teknologi dengan judul penelitian “ACXYLON (ACTIVATED CARBON FROM Metroxylon Sagu): KARBON AKTIF AMPAS SAGU SEBAGAI MEDIA DESALINASI AIR LAUT MENJADI AIR BERSIH”

Kenaikan permukaan air laut sebagai dampak buruk dari perubahaan iklim menyebabkan terjadinya kekurangan sumber daya air bersih khususnya pada daerah pesisir. Acxylon yaitu karbon aktif berbahan dasar limbah ampas sagu dimanfaatkan sebagai media desalinasi air laut menjadi air bersih agar dapat digunakan dalam keperluan higiene sanitasi warga daerah pesisir. Acxylon memiliki kemampuan menyerap unsur-unsur dalam air laut sehingga dapat menjadi solusi kekurangan sumber daya air bersih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *